Kamis, 19 Mei 2011

Asam Amino Serin




Serin merupakan asam amino penyusun protein yang umum ditemukan pada protein hewan, kecuali pada mamalia yang hanya memiliki L-serin. Serin bukan merupakan asam amino esensial bagi manusia. Namanya diambil dari bahasa Latin, sericum (berarti sutera) karena pertama kali diisolasi dari protein serat sutera pada tahun 1865. Strukturnya diketahui pada tahun 1902. Sintesis serin (dan glisin) berawal dari oksidasi 3-fosfogliserat (3-PGA) yang membentuk 3-fosfohidroksipiruvat dan NADH. Reaksi transaminasi dengan asam glutamat menghasilkan 3-fosfoserin dan glisin, yang diikuti dengan dilepasnya fosfat.

Serin merupakan asam amino nonesensial, yang berarti bahwa itu dibuat dari asam amino lain yang terdapat dalam hati, yang tidak harus diperoleh langsung melalui diet. Serin dibutuhkan untuk metabolisme lemak dan asam lemak, pertumbuhan otot, dan memelihara sistem kekebalan tubuh yang sehat karena membantu produksi imunoglobulin dan antibodi. Serin juga memainkan peran penting dalam pembuatan membran sel, dan sintesis dari kedua jaringan otot dan selubung yang mengelilingi sel-sel saraf. Serin bekerja sama dengan alanin dan glisin untuk membantu menstabilkan gula darah dan menyediakan sumber time-release glukosa setelah deplesi glikogen. 
Metabolisme serin berlangsung melalui reaksi deaminasi dan menghasilkan asam piruvat. Metabolism ini terjadi dengan menggunakan treonin aldolase selaku katalis.
Biosintesis serin dimulai dari asam fosfogliserat yang terbentuk pada proses glikolisis dan berlangsung melalui beberapa tahap reaksi sehingga terbentuk serin.
           Serin merupakan bagian dari fosfatidil serin yaitu salah satu lipid yang terdapat dalam otak. Serin juga dapat membentuk etanolamina yang merupakan bagian dari fosfatidil etanol-amina.
Serin penting bagi metabolisme karena terlibat dalam biosintesis senyawa- senyawa purin dan pirimidin. Sebagai penyusun enzim, serin sering memainkan peran penting dalam fungsi katalisator enzim. Ia diketahui berada pada bagian aktif kimotripsin, tripsin, dan banyak enzim lainnya. Berbagai gas-gas perangsang saraf dan senyawa aktif yang dipakai pada insektisida bekerja melalui residu serin pada enzim asetilkolin esterase, sehingga melumpuhkan enzim itu sepenuhnya. Akibatnya, asetilkolin (suatu neurotransmiter) yang seharusnya segera diuraikan oleh enzim itu segera setelah bekerja malah menumpuk di sel dan mengakibatkan kekejangan dan kematian.
Sebagai penyusun protein non-enzim, rantai sampingnya dapat mengalami glikolisasi yang dapat menjelaskan gangguan akibat diabetes. Serin juga merupakan satu dari tiga asam amino yang biasanya terfosforilasi oleh enzim kinase pada saat transduksi signal pada eukariota. Berikut ini beberapa informasi tentang Serin, Serin Memiliki rumus kimia C3H7NO3, Titik leburnya 228°C, masa jenisnya 1,537g cm3.
Serin merupakan asam amino nonesensial berasal dari glisin. Seperti semua blok bangunan asam amino dari protein dan peptida, serin dapat menjadi penting dalam kondisi tertentu, dan dengan demikian penting dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.  konsentrasi rendah rata-rata dari serin dibandingkan dengan asam amino lainnya ditemukan dalam otot. Serin sangat terkonsentrasi dalam semua membran sel.
Serin tingkat rendah dapat terjadi pada pasien hipertensi, dan tingkat serin tinggi dapat terjadi pada pasien alergi. Aplikasi pengetahuan untuk pengobatan sedang berlangsung. Serin juga imunosupresif, yang membuatnya menjadi agen berbahaya pada pasien kanker tetapi berpotensi berguna dalam penyakit autoimun. Sebuah analog serin (threo-serin) dan L-serin juga dapat meningkatkan tekanan darah.. Peran untuk serin bisa terjadi pada penghilang rasa sakit, tetapi pada suplemen serin tidak memiliki tujuan terapeutik yang tepat. D-serin harus diuji sebagai agen antipsikotik.
Kekurangan asam amino nonesensial tidak akan terjadi jika diet seimbang dikonsumsi karena asupan makanan yang tepat akan memungkinkan tubuh untuk menghasilkan persis jumlah asam amino yang dibutuhkan untuk berfungsi optimal. Saat in, serin telah diberikan bersama dengan alanin dan glisin untuk membantu manajemen masalah gula darah yang berhubungan dengan hipoglikemia reaktif. Terapi dosis berkisar antara 300 dan serin 1.000 mg per hari. Serin yang mudah dimetabolisme dan memiliki margin keamanan yang luas.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar